Langsung ke konten utama

MAKANAN PENURUN TEKANAN DARAH TINGGI

Apakah anda menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi ? Kebanyakan orang mengaku khawatir mereka akan berakhir sepenuhnya bergantung pada asupan obat. Sebenarnya kekhawatiran ini tidak salah karena hal ini mungkin terjadi.

Tetapi dengan perubahan pola hidup dan pilihan makanan, Anda bisa mengatasi kecenderungan untuk mengalami hipertensi permanen.

Cara terbaik dalam mengatasi hipertensi terutama di awal serangan adalah dengan menerapkan diet khusus yang sarat makanan penurun hipetensi. Dalam dunia medis diet ini juga dikenal sebagai diet DASH.

DASH merupakan singkatan dari Dietary Approach to Stop Hypertension. Diet ini menekankan pada bagaimana cara mengatasi tekanan darah tinggi tanpa mutlak bergantung pada obat dengan mengatur makanan. Adapun yang bisa dilakukan yaitu :

Maksimalkan sayuran dan buah

Hampir seluruh jenis sayuran dan buah dinyatakan aman untuk pengidap hipertensi. Tidak hanya itu, sebagian besar justru merupakan bagian dari makanan penurun darah tingggi berkat kandungan potasium, fiber, selenium, dan magnesium-nya.

Juga beragam jenis antioksidan, berbagai kandungan vitamin seperti vitamin C, A, dan E dan semua kandungan ini diketahui mampu meluruhkan endapan kolesterol dalam darah, melakukan proses regenerasi sel pembuluh darah, membantu peningkatan metabolisme yang membantu mencegah pembentukan endapan lemak dan kolesterol serta membantu menyeimbangkan kembali komposisi darah.

Jadi jangan ragu untuk memasukkan beragam jenis sayuran seperti brokoli, bayam, tomat, wortel, papaya, berry, jeruk, buah Noni/mengkudu, ubi manis, kentang dan banyak lagi. Sajikan setidaknya 4 – 5 kali dalam sehari baik sebagai sarapan, menu selingan, atau pengganti makan malam.

Kacang dan biji-bijian

Protein dan lemak tak jenuh dari kacang-kacangan dan biji-bijian jauh lebih sehat dan aman untuk pengidap hipertensi dibandingkan protein dari daging merah dan ayam. Tidak hanya itu, terbukti kacang dan biji-bijian mengandung sejumlah senyawa mineral dan vitamin penting dan beragam fitonutrien yang baik untuk melawan endapan kolesterol.

Alihkan kegemaran akan daging merah dengan mengkonsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan. Tambahkan menu tempe dan tahu dalam menu Anda . Tetapi untuk kacang-kacangan , sebaiknya konsumsi dengan bijak mengingat kandungan kalorinya yang tinggi.

Produk susu rendah lemak

Dalam susu terkandung sejumlah senyawa penting yang baik untuk membantu tubuh tetap fit, meningkatkan metabolisme serta kaya akan vitamin D, kalsium dan protein. Jadi susu perlu masuk dalam diet DASH, tetapi konsumsi dengan bijak. Asupan susu sehari 2 kali justru dianggap baik untuk menjaga kondisi tubuh pasien selama diet dan membantu mendorong metabolisme tubuh. Hanya saja pilih susu low-fat karena dalam diet DASH penting untuk Anda menjalani diet lemak dengan cukup ketat.

Teh dan kopi

Secara umum, teh merupakan minuman sehat untuk pengidap darah tinggi, terutama teh hijau karena kaya anti oksidan yang baik mengatasi endapan dalam darah, menekan ketegangan otot dan saraf, meredakan tekanan darah dan mengurangi rasa kaku akibat tekanan darah tinggi. Tetapi asupan berlebihan terutama untuk jenis teh hitam bisa memberatkan kerja hati dan ginjal dan akhirnya mengganggu komposisi normal darah.

Sedangkan kopi juga dianggap memiliki dua sisi mata uang terhadap serangan tekanan darah tinggi. Dalam kadar normal, kopi dianggap baik membantu melancarkan aliran darah. Namun kopi juga bisa memicu jantung memompa lebih cepat dan mendorong tekanan darah tinggi.

Kurangi asupan garam

Masalah garam adalah bagian paling krusial dalam diet untuk tekanan darah tinggi. Dalam garam terdapat sejumlah mineral sodium yang bila bergabung dengan sejumlah senyawa dalam darah akan membuat darah menjadi lebih kental dan meningkatkan tekanan darah, karena itu perlu mengurangi asupan garam. Menurut Mayoclinic asupan garam harian bagi pelaku diet Dash berkisar antara 2300 mg sampai 1500 mg tergantung tingkat keparahan pasien.

Batasi lemak dan gula

Pada diet DASH dengan kondisi hipertensi skala awal, Anda masih ditoleransi mengkonsumsi sejumlah menu berlemak dan mengandung gula dengan jumlah cukup terbatas.

Karena bagaimanapun lemak berperan besar dalam pembentukan energi, membantu tubuh menyerap sejumlah jenis vitamin dan membentuk antibodi. Demikian pula dengan peran glukosa dalam pembentukan energi dalam sel. Meski dibutuhkan tapi perlu dibatasi.

Kendalikan asupan daging-dagingan

Dalam diet DASH, tidak ada larangan mutlak untuk mengkonsumsi daging-dagingan, tetapi tentu saja dalam porsi yang terbatas. Bagaimanapun dalam daging-dagingan merah terdapat nutrisi penting yang Anda butuhkan seperti protein, zat besi, zink dan vitamin B.
Standarnya hanya boleh setidaknya 5 ons perhari atau kurang dari itu sesuai saran ahli nutrisi, Lebih baik perbanyak asupan ayam bagian dada atau malah jenis ikan karena lebih sehat dan rendah kolesterol ketimbang daging merah.

Pada dasarnya diet DASH terdiri dari dua poin utama yakni asupan yang disarankan karena merupakanan makanan penurun darah tinggi dan makanan yang dikurangi asupannya karena menjadi pemicu darah tinggi.

Menurut Mayoclinic, diet DASH yang dijalankan dengan teratur dan disiplin akan menunjukan hasil berupa penurunan tekanan darah yang lebih stabil dalam tempo 2 minggu. Ini karena diet dapat bekerja ganda. Yakni membantu meluruhkan kerak koleterol dalam pembuluh darah yang selama ini menjadi penyebab utama penyempitan pembuluh darah.

Diet ini juga akan mencegah pembentukan endapan lemak dan kolesterol pada pembuluh darah. Juga membantu mengembalikan komposisi normal darah dengan mengurangi kadar sodium yang dikenal menyebabkan pengentalan darah.

Sedangkan menurut WebMD, Diet ini juga akan membantu memperbaiki beberapa masalah ketidakseimbangan hormon yang muncul dalam tubuh Anda. Juga akan membantu Anda mengecilkan lingkar pinggang beberapa cm meski diet DASH sebenarnya tidak ditujukan sebagai diet berat badan.

Minum Jus Mengkudu

Salah satu makanan penurun darah tinggi yang disarankan dalam menu diet DASH adalah buah dan sayuran. Terutama jenis yang memiliki sejumlah kandungan penting seperti anti oksidan penurun kolesterol, selenium, potasium, vitamin C, vitamin E dan sejumlah senyawa penting fitonutrien lain.

Dan salah satu jenis buah yang sudah terbukti secara klinis mengandung deretan senyawa penting di atas adalah Mengkudu. Buah yang dikenal juga dengan nama Noni ini sudah sejak dahulu dikenal sebagai penurun hipertensi.

Pembuktian akan manfaat dari Buah Noni terhadap hipertensi pernah dilakukan dalam sebuah riset oleh seorang pakar dari Universitas Johns Hopkins, Dr. Neil Solomon. Beliau melibatkan 1227 pakar kesehatan dari seluruh dunia dan 25314 orang pasien dengan beragam penyakit dari 80 negara.

Dari angka ini setidaknya 1869 orang pasien di antaranya adalah pengidap hipertensi. Dan setelah menjalani asupan rutin dengan Noni juice, maka sekitar 84% pasien dinyatakan sembuh dari keluhan tekanan darah tinggi. Karena itu, banyak orang menganggapnya sebagai obat darah tinggi alami yang dapat diandalkan.

Menurut Dr. Neil Solomon, Noni juice mengandung sejumlah fitonutrien penting terutama scolopetin. Scopoletin terbukti berkhasiat melebarkan pembuluh darah dan membantu mengembalikan elastisitas pembuluh darah berkat kemampuannya mendorong regenerasi sel pada pembuluh darah. Sehingga beberapa pengerasan pada dinding pembuluh darah akibat pengendapan kolesterol bisa diatasi.

Selain itu ditemukan sejumlah senyawa penting lain seperti flavonoid. Flavonoid baik untuk membantu mengikis endapan lemak dan kolesterol dalam pembuluh darah dan lemak terlarut dalam darah. Kandungan selenium dan potasiumnya baik untuk membantu menormalkan komposisi darah dan menekan kadar sodium dalam darah. Vitamin C, seronin, dan terpenoid akan sangat membantu proses regenerasi sel sehingga membantu mempercepat perbaikan sel pembuluh darah.

Noni juice adalah salah satu pilihan terbaik untuk memaksimalkan manfaat diet makanan penurun darah tinggi. Juga membantu mencegah hipertensi permanen yang dapat berakibat fatal bagi kesehatan Anda di jangka panjang. Diharapkan dengan rutin mengonsumsi Jus Noni setiap penderita hipertensi bisa dibantu agar tekanan darahnya tetap stabil dalam batas senormal mungkin.

Meski buah noni yang digelari “Ratu Buah” sangat baik untuk hipertensi tapi tidak semua orang bisa meminumnya, hal ini dikarenakan rasa mengkudu yang khas. Namun sekarang ini telah tersedia Pure Noni yang mengandung 100% jus mengkudu. Dibuat secara hiegenis dipabrik yang sudah bersertifikat HACCP dengan memenuhi syarat kesehatan sehingga aman untuk dikonsumsi dan dengan metode pasteurisasi menjadikannya bebas pengawet.  Buah mengkudunya pun diperoleh dari perkebunan mengkudu di daerah Bogor yang jauh dari polusi. Meski Pure Noni jus tetap ada rasa khas buah mengkudu tapi baunya tidak sekeras bila dibuat sendiri hal ini dikarenakan Pure Noni dikelola oleh para ahli farmasi.
GARANSI UANG KEMBALI
Informasi mengenai 
Pure Noni jus dapat diperoleh melalui 
Tlp / WA :
Klik 0812 424 7684

Sebagai bentuk komitmen kami akan manfaat dan kualitas Pure Noni jus maka kami memberi

GARANSI UANG KEMBALI 

bila tidak ada manfaatnya
Jangan tunda lagi hubungi kami sekarang juga

Klik 0812 424 7684